Membaca Berita

Pembentukan UPT Pertambangan Dan Energi Dan Unit Pelayanan Dan Pengujian Teknis Energi Dan Sumber Daya Mineral

Ditulis Oleh RIO JENERIO, S.H | Dibuat dan diupate semenjak 22-06-2018 08:20

Dengan adanya perubahan kewenangan penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang energi dan sumber daya mineral, maka dapat dipastikan berdampak bertambahnya beban kerja pada Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itu, dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam bidang Pertambangan dan Energi, maka perlu membentuk Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Tengah yang berkedudukan di Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sesuai dengan ketentuan Pasal 63 Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, maka pembentukan UPTD ini ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah.

UPT Pertambangan dan Energi mempunyai tugas menyelenggarakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau tugas kegiatan penunjang pada Dinas di kabupaten. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, UPT Pertambangan dan Energi menyelenggarakan fungsi :

a.    pelaksanaan sebagian tugas-tugas teknis operasional dan atau kegiatan penunjang pada Dinas;

b.   penyusunan rencana teknis dan program Unit Pelaksana Teknis Pertambangan dan Energi;

c.    pembantuan proses perizinan pengusahaan di bidang energi dan sumber daya mineral;

d.   pembantuan pembinaan dan pengawasan izin usaha di bidang energi dan sumber daya mineral;

e.    pelaksanaan koordinasi dengan dinas terkait; dan

f.     pelaksanaan pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.

Unit Pelayanan dan Pengujian Teknis Energi dan Sumber Daya Mineral mempunyai tugas menyelenggarakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang Dinas berupa pelayanan jasa teknis dan pengujian teknis bidang energi dan sumber daya mineral. Untuk menyelanggarakan tugas tersebut, Unit Pelayanan dan Pengujian Teknis Energi dan Sumber Daya Mineral menyelenggarakan fungsi :

a.     perumusan kebijakan teknis Pelayanan, Pengujian Teknis dan Analisis Laboratorium;

b.     pemberian bimbingan dan pembinaan serta pelayanan pengujian dan penganalisaan di bidang energi dan sumber daya mineral sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan perundang-undangan yang berlaku;

c.     pelaksanaan penelitian dalam rangka pengembangan pemanfaatan potensi energi dan  sumberdaya mineral; dan

d.     pelaksanaan pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas

Dengan dibentuknya kedua UPT ini, maka diharapkan pelayanan perizinan pertambangan dan energi maupun pelayanan lain yang diperlukan dapat segera terlaksana. Pada saat ini memang pelayanan di bidang pertambangan ini terhenti akibat Pemerintah Kabupaten/Kota sudah tidak melakukan pelayanan di bidang pertambangan dan energi ini.

 

 

Penulis : RIO JENERIO, S.H.