Membaca Berita

Penghargaan Kabupaten /Kota Peduli HAM

Dibuat dan diupate semenjak 12-10-2016 05:01

Pentingnya perlindungan dan pemenuhan bagi daerah dapat terwujud apabila daerah konsisten dan peduli terhadap perlindungan dan pemenuhan HAM. Kepedulian pemerintah daerah terhadap HAM tersebut menjadi dasar untuk penilaian kabupaten/kota peduli HAM tersebut seperti yang terdapat dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 25 Tahun 2013 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli Hak  Asasi Manusia (HAM).

Penilaian Kabupaten /Kota Peduli HAM merupakan salah satu benpenghargaan bagi Kabupaten/kota dalam pelakanaan RANHAM. Penghargaan ini diberikan adalah  untuk :

· Memberikan motivasi kepada daerah kab.kota untuk melaksanakan penghormatan. Perlindungan dan pemenuhan HAM.

· Mengembangkan sinergitas satuaj kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di daerah dalam rangka penghormantan, pemenuhan, perlindungan, penegakan dan pemajuan HAM di wilayahnya.

· Mengetahui hasil kinerja pemerintah daerah  kabupaten/kota dalam mewujudkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM.

Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 25 Tahun 2013 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM,   dari data capaian implementasi HAM Tahun 2014,  Kabupaten/ kota di Kalimantan Tengah, masih belum termasuk katagori Kabupaten/Kota Peduli HAM.   Atas bantuan berbagai pihak baik dari pemerintah daerah, pusat dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, pada Tahun 2015 yaitu ada 2 Kabupaten, 1 Kota Provinsi di Kalimantan Tengah yaitu, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Katingan dan Kota Palangka Raya, yang mendapatkan Penghargaan sebagai Kabupaten /Kota Peduli HAM. Diharapkan untuk tahun selanjutnya Kabupaten lainnya yang mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM semakin bertambah.

 

Penulis : Kepala Sub Bagian Sengketa Hukum (Fathia Sarifah, S.H)